Just another WordPress.com site

>Rusia membuat OS sendiri

>

MOSKOW – Rusia berencana untuk merubah layanan komputer di kalangan pemerintahannya dengan membuat sistem operasi sendiri untuk menyiapkan pengganti Windows serta mengurangi ketergantungan pada raksasa AS Microsoft dan lebih memantau keamanan komputer.

Untuk memuluskan rencana tersebut Moskow akan menggelontorkan 150 juta rubel atau USD4,9 juta demi mengembangkan sebuah sistem perangkat lunak nasional berdasarkan sistem operasi Linux.

“Kita akan menjadi independen dari Windows. Tetapi risiko menjadi implantasi membabi buta dari Linux,” kata Wakil Juru Bicara Rusia wakil Ilia Ponomarev kepada AFP, Kamis (28/10/2010).

Kepedulian yang sama tentang mencapai kemerdekaan teknologi mendorong militer Rusia untuk membuat sistem navigasi satelit GLONASS pada 1980-an, untuk bersaing dengan US Global Positioning System (GPS) dan persaingan di masa depan di eropa.

Sebelumnya juga, India merencanakan untuk mengembangkan sistem operasi komputer baru, sebagai bagian untuk meningkatkan keamanan sistem komputer di negaranya.

“Sistem operasi baru sedang dikembangkan oleh Defence Research & Development Organization (DRDO),” jelas Ravi Kumar Gupta, seorang juru bicara DRDO.

Memiliki sistem operasi sendiri akan membantu India mencegah hacking sistemnya. Nantinya, dua rekayasa perangkat lunak pusat sedang diatur untuk tujuan ini di Bangalore dan New Delhi.

 
Sumber Okezone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: