Just another WordPress.com site

>

Penggunaan data diprediksi akan semakin meningkat di tahun ini dikarenakan persaingan cloud computing dan juga maraknya tablet.

Dilansir melalui PC Advisor, Jumat (21/1/2011), statistik IDC mengatakan bahwa penggunaan data di dunia diprediksi akan meningkat sebanyak 44 kali, total menjadi 35,2 zettabytes (zettabytes sama dengan satu miliar terabytes).

Perusahaan penyimpanan terbesar di dunia, EMC, membuktikan prediksi IDC. Menurut EMC sekira 1.000 pelanggannya telah menggunakan lebih dari satu petabyte data. Angka konsumen yang dimiliki EMC diprediksi juga akan meningkat menjadi sekira 100.000 pada 2020 nanti. Bahkan dalam kurun dua tahun mendatang beberapa konsumen diprediksi akan mulai menghabiskan lebih dari satu exabyte.

“Kebutuhan data selalu meningkat dengan pesat. Tujuan penggunaannya pun mulai meluas. Tipe data semakin kaya dan banyak. Setiap prediksi pertumbuhan yang kami nyatakan pasti selalu salah karena ternyata yang dibutuhkan lebih banyak ketimbang yang kami prediksikan,” ujar presiden EMC divisi unified storage, Rich Napolitano.

Hal yang sama juga dikatakan IT CTO Melbourne, Glenn Gore. Menurutnya fenomena kebutuhan data yang banyak, yang disebut industri dengan ‘Big Data’, telah diketahui sejak 18 bulan yang lalu.

Pernyataan ini dibuktikan dengan data dari perusahaan hosting yang melihat berbagai perusahaan besar mulai memperhatikan kebutuhan data yang cukup besar, misalnya perusahaan di wilayah kesehatan, penggambaran geospasial, dan media digital. Mereka semua dikatakan sedang membangun dataset yang ditambah hingga menjadi multiple terabytes.

Beberapa perusahaan teknologi besar pun mulai melakukan akuisisi untuk memenuhi kebutuhan data pelanggannya. IBM mengakuisisi Netezza pada September lalu sebesar USD1,7 miliar, diikuti oleh EMC yang mengakuisisi Isilon seharga USD2,25 miliar. Perusahaan teknologi Greenplum juga telah diakuisisi EMC untuk detil keuangan yang tidak dipublikasikan.

Satu perusahaan besar lainnya, Oracle, mulai membangun data warehousing dan kemampuan analisisnya agar konsumennya tidak beralih ke pesaing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: