Just another WordPress.com site

>

Beberapa minggu berselang setelah Mozilla mulai memperkenalkan 4 channel pengembangan piranti lunak dengan disertai logo terbarunya, Mozilla kabarnya kini mulai beranjak maju dengan kembali merilis browser terbarunya yang didasarkan pada saluran awal untuk pertama kalinya. Dengan semakin dekatnya pelepasan Firefox 5, menjadi jelas kalau segala sesuatunya tampak dipercepat untuk membawa fitur baru kepada para penggunanya serta memberikan kemudahan bagi para pengembang yang bekerja menggunakan Firefox.
Rincian lebih lanjut tentang channel rilis terbaru yang  tersedia baru-baru ini, termasuk nama channel dan logo. Sekarang akan ada empat channel dalam pengembangannya, dan  Aurora menjadi channel yang baru diciptakan untuk rilis eksperimental tersebut.
Firefox 5 yang memasuki channel pengembangan Aurora pertamanya atau lebih tepatnya penggabungan mozilla-center (Nightly) dengan saluran mozilla-aurora, kabarnya kini telah dirilis. Dan itu tidak lebih dari satu salinan  pengembangan Nightly baru-baru ini. Pada channel pengembangan Nightly terbaru ternyata dilengkapi pula dengan keberadaan branding dan About box yang baru, sedangkan channel pengembangan Aurora masih bernama Minefield dan menggunakan logo Nightly. Walaupun demikian, perbedaan kecil apapun tampaknya harus segera diperbaiki. Logo dan branding Aurora akan ditambahkan pada versi pembaharuan mendatang.
 
 
Tampilan About box yang ada cenderung mirip dengan Minefiled. Namun yang membedakan adalah pada tampilan yang baru ini terdapat menu drop-down yang memungkinkan para penggunanya bisa beralih ke tiga channel utama lainnya seperti Aurora, Beta dan Release. Dan ini kabarnya sudah pernah diterapkan oleh Chrome pada beberapa waktu yang lalu.
Sejauh ini tampaknya belum terlihat terlalu banyak perbedaan antara Firefox 4 dan Firefox 5 Aurora Build (yang diberi label sebagai Firefox 4.2a1pre). Dan kedepannya Firefox 5 kemungkinan masih akan berkutat dengan penyesuaian jadwal rilis terbaru dan pengembangan modelnya dibanding dengan harus menambahkan fitur terbarunya. Jika semua berjalan sesuai rencana, Firefox 5 akan segera dirilis kembali dalam kurun waktu sekitar tiga bulan lagi dari sekarang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: